Application

Skema Net Metering Sistem Energi Surya Di Abu Dhabi

Belajar Dari Skema Net Metering Sistem Energi Surya Di Abu Dhabi

Belajar dari skema net metering sistem energi surya di Abu Dhabi – Skema penilaian kesesuaian (conformity assesment) diharapkan dapat merangsang perkembangan pembangkitan tenaga surya yang tersebar (distributed generation) di Abu Dhabi, Arab Saudi.

Melalui kebijakan ini, sistem panel surya yang terpasang dengan kapasitas maksimal 5 MW akan mempunyai akses untuk menggunakan net metering.

Dewan Kesesuaian dan Kualitas (Quality and Conformity Council) Abu Dhabi atau disebut QCC telah mengeluarkan standar keamanan (safety standards) baru untuk sistem tenaga surya skala kecil.

Standar kebijakan untuk performa kualitas pembangkit

Menurut WAM, sebuah agensi media UEA, skema penilaian kesesuaian untuk sistem tenaga surya skala kecil tersebut diharapkan dapat mendorong perkembangan pembangkitan tersebar menggunakan net metering dan, pada waktu bersamaan, dapat menjaga kualitas, keamanan, dan keandalan (sustainability) performa dari sistem energi surya yang terpasang.

QCC menyatakan bahwa standar baru tersebut akan membantu pemasang dan produsen produk solar panel memenuhi Peraturan Perkabelan Listrik (Electricity Wiring Regulations) Badan Pengawasan & Pengaturan (Regulatory & Supervision Bureau) dan Peraturan Net-Energi Tenaga Surya Skala Kecil (Small Scale Solar Photovoltaic Energy-Netting Regulation), yang merupakan skema net metering yang diperkenalkan pemerintah kota pada Januari 2017.

Belajar Dari Skema Net Metering Sistem Energi Surya Di Abu Dhabi

Direktur eksekutif dari layanan skema kesesuaian (conformity scheme services) QCC, Abdullah Hassan Al Muaini, menyatakan bahwa skema baru tersebut dikeluarkan menanggapi kebutuhan industri dengan mengidentifikasi spesifikasi penting dari produk, menyesuaikan dengan standar pengujian dan pengendalian internasional, dan menghubungkan antara pemangku kepentingan (stakeholder) pemegang pasar solar panel dengan persyaratan dari pihak berwenang.

Juga, pemerintah Abu Dhabi menyatakan bahwa skema pengetahuan (knowledge scheme) harus dikembangkan dan dicantumkan sebagai persyaratan tambahan bagi kualifikasi dan sertifikasi dari pemasang solar panel (PV integrators) di tahun pertama sejak peraturan tersebut dikeluarkan.

Kapasitas maksimal skema net metering pada 5 MW

Skema net metering tersebut terbuka untuk pembangkit listrik tenaga surya yang tidak melebihi kapasitas 5 MW dan yang terhubung ke jaringan distribusi tegangan rendah.

Pemilik sistem tenaga surya tersebut harus mendapatkan izin yang dibutuhkan dari pemerintah kota sebelum solar panel skala kecil yang terpasang tersebut terhubung ke jaringan. Selain itu, seluruh proyek harus disetujui oleh Badan Pengawasan dan Pengaturan Abu Dhabi.

Kelebihan energi listrik yang dihasilkan oleh sistem solar panel skala kecil yang berada dalam skema tersebut akan dialirkan ke jaringan listrik lokal. Kelebihan energi tersebut kemudian akan tetap dihitung tanpa batas waktu dari satu tagihan ke tagihan berikutnya, tanpa ada batasan waktu atau jumlah dan hanya akan dikurangi dengan pemakaian listrik berikutnya pada meter yang sama. Pemilik dari solar panel yang terpasang di bawah net metering tidak akan diberikan kompensasi berupa uang.

Apa komentar anda?

13 + five =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia