Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) terus mematangkan konsep menjadikan kawasan Baron Techno Park menjadi kawasan konservasi energi dan wisata edukasi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baron Techno Park oleh BPPT

Baron Techno Park ( BTP) yang berlokasi di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, saat ini memiliki luas lahan sekitar 9,5 hektare. Namun, ke depan  BPPT berkeinginan mengembangkan kawasan ini menjadi seluas 50 hektar guna pembangunan techno-camp serta resort-resort bekerja sama dengan pihak ketiga.

Di lokasi ini, pengunjung bisa melihat pemanfaatan energi terbarukan dari sinar matahari dan angin serta surya yang menghasilkan listrik. Selain itu,  Baron Techno Park juga melakukan desalinasi air laut untuk pasokan air bersih kawasan.

Baron Techno Park Sebagai Kawasan Wisata Edukasi EBT

Pengembangan tenaga listrik yang telah dilakukan, di antaranya adalah pembangkit listrik tenaga listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 36 Kilowatt (KW), pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) dari empat kincir berkapasitas 16 KW, teknologi pengolahan sel bahan bakar (fuelcell).

Selain itu juga sudah dibangun pusat pengolahan air tawar berbahan baku air laut, pengolahan biodiesel berbahan baku minyak goreng bekas, biji jarak, biji nyamplung serta pengolahan limbah batu putih dan pusat informasi dan multimedia. Selain itu juga sudah dibangun jam matahari sebagai sarana pendukung kawasan Baron Techno Park.

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address

Mendukung kebijakan energi nasional melalui pengembangan kawasan

Baron Techno Park dibangun untuk mendukung Kebijakan Energi Nasional yang menargetkan pemanfaatan 23% EBT untuk kelistrikan pada tahun 2025. BPPT melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE), satuan kerja di bawah koordinasi Kedeputian Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM) telah mengambil langkah awal melakukan diseminasi dan pelatihan pemanfaatan teknologi kelistrikan berbasis EBT di Baron Techno Park.

Hingga akhir tahun 2016, tercatat lebih dari 4.000 pengunjung telah melakukan kunjungan dan memanfaatkan fungsi kawasan Baron Techno Park. Tingginya animo masyarakat terhadap kawasan wisata edukasi Baron Techno Park ini menginisiasi pelaksanaan kegiatan diseminasi intensif yang dikemas dalam agenda Baron Festival.

Kawasan ini dirancang sebagai Pusat R&D, Pelatihan dan Promosi/Diseminasi Teknologi Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan yang bersifat dinamis dan terus berkembang. Misi kawasan ini adalah:

  • Baron Teknopark sebagai KAWASAN WISATA EDUKASI
  • Baron Teknopark sebagai PEMICU PENGEMBANGAN WILAYAH
  • Baron Teknopark dikembangkan dan difungsikan sebagai INSTITUT ENERGI BARU TERBARUKAN untuk memberikan layanan Alih Teknologi, Rekomendasi, Konsultansi, Pembuatan DED, Design Review and Approval, Commissioning Test, Inspection & Certification, Laboratoriun Alam untuk Uji Performansi sistem kelistrikan EBT dan Inkubator Teknologi
  • Melihat fungsinya BTP saat ini berada di bawah koordinasi Bidang Layanan Jasa Teknologi pada satuan kerja B2TKE BPPT.

Nantinya kawasan ini akan terus dikembangkan menjadi sebuah sarana edukasi riset dan penelitian, pelatihan dan diseminasi iptek untuk meningkatkan kualitas riset dan sumber daya manusia. Kedepan targetnya Baron Techno Park juga akan sebagai model kawasan wisata edukasi dan mandiri energi melalui pemanfaatan teknologi EBT, baik untuk skala lokal ataupun nasional.

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/09/baron-techno-park-janaloka-940x705.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/09/baron-techno-park-janaloka-300x225.jpgGalih RadityaInitiativesaplikasi,BPPT,community,design,development,energi surya,Indonesia,inovasi,inovation,janaloka,Listrik desa,on grid,Panel surya,PLTS,renewable energy,solar system,technology,teknologiBadan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) terus mematangkan konsep menjadikan kawasan Baron Techno Park menjadi kawasan konservasi energi dan wisata edukasi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Baron Techno Park oleh BPPT Baron Techno Park ( BTP) yang berlokasi di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul,...The #1 Solar Energy Crowd