Storage

Bank Daya Mercedes-Benz Untuk Hunian Berpanel Surya di Amerika

Vivint Solar, perusahaan terkemuka penyedia sistem tenaga surya atap untuk perumahan, telah mengupayakan berbagai cara untuk unggul dalam kompetisi pasar energi di Amerika Serikat. Mereka kini tengah sibuk menawarkan Mercedez-Benz seharga $5,000 hingga $13,000 USD, dan berharap langkah ini bisa membawa mereka sebagai pemain utama dalam bisnis energi surya.

Tentu saja yang ditawarkan bukanlah kendaraan roda empat pabrikan Jerman. Melainkan sebuah perangkat penyimpanan daya atau bank daya seukuran kulkas mini. Bank daya mercedes-benz ini memungkinkan para pemilik rumah untuk menyimpan daya yang dihasilkan sistem panel surya mereka dengan cara yang lebih baik. Mereka bisa menghemat biaya listrik sekaligus menampung daya listrik cadangan yang cukup ketika listrik padam.

bank daya mercedes-benz

Mercedes mulai menjual penyimpan daya ini di Eropa dan Afrika pada tahun ini. Kemitraan mereka dengan Vivint sudah berjalan sejak beberapa pekan lalu, yang menandakan bahwa kemitraan ini juga mulai memasuki pasar Amerika Serikat.

Di beberapa wilayah, seperti California, dimana Mercedes dan Vivint akan memulai melakukan pemasaran, beberapa investor dan analis percaya bahwa kegiatan penjualan ini akan bernilai positif. Karena hal ini diperkuat oleh alasan bahwa, di beberapa wilayah negara bagian, konsumen potensial memiliki motif kebutuhan emosional- sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan atau hanya sekedar pemenuhan kebutuhan- daripada faktor penghematan biaya.

Bank daya mercedes-benz ini memungkinkan para pemilik rumah untuk menyimpan daya yang dihasilkan sistem panel surya mereka dengan cara yang lebih baik.

“Semua orang sedang berlomba menawarkan baterai penyimpan daya,” kata Shayle Kann, pimpinan GTM Research, yang mengawali industri tenaga surya. “Tenaga surya ditambah dengan penyimpan daya pada tingkatan perumahan adalah masa depan, namun belum untuk sekarang.”

Selain itu, bagi kebanyakan perusahaan penyedia, baterai penyimpan daya akan menghidupkan pasar lagi yang kini tengah mulai lesu. Karena kondisi pasar yang lesu ini, para penyedia terkemuka seperti SolarCity dan Vivint bahkan mengurangi aktifitas instalasi mereka, antisipasi dampak kerugian perusahaan agar tidak bangkrut seperti Sungevity.

Pada waktu yang bersamaan, perubahan kebijakan dan penawaran pengurangan biaya di Arizona, Indiana dan beberapa negara bagian lainnya telah memberikan sinyal potensial untuk panel surya atap. Di dua pasar terbesar- California dan Hawaii- tarif, biaya, dan kebijakan telah mendorong para konsumen untuk membeli perangkat baterai penyimpan daya bersamaan dengan hadirnya panel surya atap.

Bagi pabrikan kendaraan roda empat, ikut andil dalam bisnis tenaga surya memberikan dampak citra perusahaan dan kendaraan yang mereka produksi bersahabat dengan lingkungan.

“Ide kendaraan bertenaga listrik sangat bagus -lebih bagus daripada berbahan bakar fosil dari sudut pandang lingkungan- namun, kendaraan listrik bertenaga surya adalah surga jika dilihat dari perspektif lingkungan,” kata Karl Brauer, Executive Publisher Autotrader dan Kelley Blue Book.

bank daya mercedes-benz

Meskipun minat konsumen terhadap mobil listrik masih lambat, namun industrinya sedang menggeliat, dengan ditawarkannya biaya yang lebih murah dan varian mobil yang lebih banyak, kata Brauer. Dan meskipun Mercedes adalah brand yang mewah di Amerika, menawarkan sistem bank daya mercedes-benz untuk rumahan mampu melekatkan citra mobil produksinya bersahabat dengan lingkungan.

“Tidak hanya mobilnya, namun semua infrastruktur yang mendukung produksi mobilnya juga” kata Brauer.

Di Vivint Solar, menurut David Bywater-Chief xecutive- survei menunjukkan bahwa setidaknya separuh konsumen mereka juga membeli baterai penyimpan daya bersamaan dengan panel surya. “Kami memperhitungkan ekosistem ini dan bagaimana ia berkembang, ini sungguh komponen yang sangat krusial” katanya.

Bywater bertemu dengan von Bormann di awal tahun pada perhelatan Consumer Electronics Show Las Vegas, dan dari sana kemitraan mereka dimulai. Sistem penyimpan daya tersusun atas 2.5 kWh daya baterai modular yang dapat dikombinasikan dengan sistem berdaya 20 kWh, cukup untuk menghidupkan lemari pendingin seminggu penuh.

Mengenai Vivint Solar, Inc.
Vivint Solar, Inc. adalah perusahaan energi surya Amerika. Didirikan pada tahun 2011 sebagai bagian dari perusahaan Vivint home security. Vivint Solar mulai diperdagangkan secara publik pada tahun 2014 di Bursa Efek New York. Perusahaan ini fokus sebagai penyedia tenaga surya yang merancang, memasang, dan memelihara sistem fotovoltaik residensial. Lihat lebih banyak mengenai Vivint Solar.

Apa komentar anda?

1 + seventeen =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...