Inspirasi Bangunan Bertenaga Surya Di Afrika
Application

Inspirasi Bangunan Bertenaga Surya Di Afrika

Inspirasi aplikasi bangunan ramah energi dilakukan di area Mugara, Burundi, Afrika Timur. Arsitek Louise Braverman menyelesaikan bangunan tinggal bertenaga surya untuk tenaga kesehatan di desa terpencil Kigutu. Bangunan Bertenaga Surya ini akan dijadikan asrama untuk 18 staff dan tenaga kesehatan.

bangunan bertenaga surya di afrika
Via : www.archdaily[.]com
Braverman menciptakan proyek Bangunan Bertenaga Surya sebagai bagian dari rencana kerja sama dengan masyarakat setempat, untuk pengembangan lingkungan. Dibangun dari batu bata yang diproduksi secara lokal, asrama seluas 6.000 meter persegi menggabungkan arsitektural bangunan Afrika Timur vernakular dengan inovasi sistem panel surya off-grid.

Berada di sisi bukit, Bangunan Bertenaga Surya ini memanfaatkan alam sebagai perlindungan alami. Menghadap langsung ke perbukitan, asrama ini memiliki banyak bukaan sebagai ventilasi udara. Sehingga walaupun iklim di area tersebut cukup panas, bangunan ini tetap dapat melindungi dari panas walau tanpa pendingin ruangan.

Sebuah pembangkit listrik tenaga surya dan pemanas air tenaga surya, diletakkan pada area bangunan. Untuk ketersediaan air, sebuah saluran dibuat untuk mendistribusikan limpasan air hujan dari atap ke dalam tangki penampungan. Bangunan ini, sejatinya, memanfaatkan komponen lokal untuk dapat berdiri, baik dari material batu bata hingga tenaga sumbe daya manusianya.

Bangunan Bertenaga Surya di Afrika ini didukung sepenuhnya oleh matahari dan dibangun dengan bahan-bahan dan tenaga kerja lokal.

Ruang-ruang dibuat secara terpisah dengan teknik yang sedemikian rupa, sehingga dapat menghasilkan privasi namun tetap dapat memiliki akses sosial yang cukup baik. Dapur, tempat makan  dan ruang bersama dapat diakses dengan mudah di dalam Bangunan Bertenaga Surya ini.

Pengembangan bangunan-bangunan mandiri energi, memang sangat diperlukan untuk dilakukan. Karena beberapa wilayah di belahan dunia sangat sulit untuk mendapatkan akses energi. Disampin karena faktor kurangnya pasokan energi yang ada, juga karena lokasi yang sangat sulit diakses.

Pengembangan energi untuk fasilitas umum di Indonesia

Indonesia, sendiri memiliki keterbatasan yang cukup tinggi dalam hal akses lokasi. Beberapa wilayah, bahkan, tidak mungkin dicapai dengan mudah. Oleh karena itu, pengembangan energi listrik untuk fasilitas umum menjadi penting, mengingat listrik adalah salah satu kebutuhan pokok untuk meningkatkan ekonomi suatu wilayah.

Beberapa aplikasi sistem panel surya off grid yang digunakan untuk Bangunan Bertenaga Surya, seperti rumah sakit atau puskesmas, pos jaga polisi dan tentara, rumah ibadah, kantor desa dan yang lainnya, sudah banyak dilakukan oleh pemerintah. Yang penting, kemudian, adalah bagaimana menjaga akses energi ini semakin meningkat bersamaan dengan memaksimalkan fungsi yang ada.

Apa komentar anda?

three × 4 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia