Bagaimana Cara Sel Surya Bekerja?
Invention

Bagaimana Cara Sel Surya Bekerja?

Sel Surya Bekerja (Photovoltaic Cell) adalah dengan mengubah energi matahari menjadi listrik. Sel surya ini terbuat dari bahan khusus semikonduktor yang disebut dengan silikon.

Cara Sel Surya Bekerja

Ketika cahaya mengenai sel silikon, cahaya tersebut akan diserap oleh sel silikon, hal ini berarti bahwa energi cahaya yang diserap telah ditransfer ke bahan semikonduktor yang berupa silikon. Energi yang tersimpan dalam semikonduktor ini akan mengakibatkan elektron lepas dan mengalir dalam semikonduktor. Elektron yang mengalir ini adalah arus listrik

Untuk mendapatkan arus ini, maka tiap sel surya harus dihubungkan. Hubungan ini kemudian di arahkan ke sebuah terminal + dan -, sehingga rangkaian beberapa sel ini akan membentuk sebuah set modul panel surya yang lengkap.

Ketika mendapatkan pancaran sinar matahari pada umumnya satu sel surya dapat menghasilkan tegangan DC sebesar 0,5 sampai dengan 1 volt, dan juga arus short-circuit. Besar tegangan dan juga arus tersebut tidak cukup untuk diaplikasikan langsung. Sehingga pada umumnya sejumlah sel surya disusun membentuk modul surya secara seri.

kebanyakan, modul surya terdiri dari 28 sampai 72 sel surya, yang dapat menghasilkan tegangan DC 12-38 Volt dalam kondisi sinar standar. Modul surya dapat digabungkan dengan cara seri dan juga paralel untuk memperbesar tegangan dan juga arus pada output sesuai daya yang dibutuhkan pada aplikasi tertentu.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah jenis sel surya yang digunakan. Sekarang ini, sudah banyak tipe sel surya mulai dari sel crystalline yang selama ini banyak digunakan, hingga thin-film. masing-masing jenis sel surya memiliki efisiensi yang berbeda, tergantung kandungan material yang ada di dalamnya. Jenis multijuction cell adalah yang paling efisien sekarang ini.

Sel Surya Bekerja

Apa komentar anda?

14 − 4 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia