Energy

Bagaimana Cara Kerja Sistem Panel Surya?

Matahari tidak bersinar terus menerus selama 24 jam setiap hari? Lalu bagaimana cara kerja sistem panel surya? sehingga dapat menopang aktivitas manusia modern yang tidak ada kata berhenti setiap detik – setiap jam- setiap hari – sepanjang tahun?

Apa yang terjadi dengan matahari setiap hari di Indonesia?

Matahari selalu terbit timur dan tenggelam di arah barat setiap harinya. Indonesia, yang berada di garis khatulistiwa, mendapatkan sinar matahari selama 10 – 12 jam setiap harinya.

Namun sinar matahari tersebut tidak selalu konstan pada saat terbit dan tenggelam. Maksudnya adalah sinar matahari seperti sebuah kurva, sinar muncul perlahan saat terbit, dan semakin menguat hingga puncaknya pada siang hari, lalu berkurang hingga akhirnya tenggelam.

Dari kurva diatas (dapat dilihat pada gambar sebagai garis kuning), matahari memiliki waktu ideal untuk dapat diserap panel surya adalah antara jam 10.00 – 15.00 atau setara ± 5 jam/hari.

Apa yang terjadi dengan panel surya?

Panel surya akan memproduksi energi secara ideal selama puncak penyinaran ± 4,8 jam/hari atau setara 4,8 kWh/hari dengan variasi ± 30%. Variasi ini dipengaruhi lokasi, kondisi iklim, tampilan muka bumi, vegetasi, polusi, dan lain sebagainya.

Puncak penyinaran ini akan terjadi antara pukul 09.00 hingga 14.00, setiap harinya. Selama waktu ini, panel surya akan dapat menghasilkan daya maksimal dari kapasitas mereka. Dengan syarat standar kerja ideal mereka tercapai. Misalkan panel surya terpasang memiliki kapasitas 100 Wp, maka daya yang dihasilkan dapat mencapai hingga 100 watt.

Apa yang terjadi dengan sisa waktu yang lainnya? saat fajar hinga siang dan siang hingga senja, panel surya akan tetap dapat memproduksi daya namun tidak secara optimal. Artinya kapasitas panel surya 100 wp, mungkin hanya akan dapat menghasilkan daya 10% hingga 50%, tergantung kondisi sinar matahari.

Di Indonesia, produksi energi terbesar berada di NTT, NTB dan sebagian Papua. Sedangkan yang terkecil berada di Jakarta dan sekitarnya.

Kemana energi listrik yang diproduksi mengalir?

Energi listrik yang diproduksi oleh panel surya adalah dalam bentuk listrik DC (Direct-Current). Listrik ini dapat digunakan secara langsung oleh beban DC, seperti lampu atau perangkat lainnya, atau diubah terlebih dahulu menjadi listrik AC (Alternating-Current) dengan bantuan inverter untuk menyalakan perangkat rumah tangga, hingga mesin pabrik sekalipun.

Listrik yang dihasilkan, dapat mengaliri kebutuhan listrik bangunan secara langsung, atau disimpan terlebih dahulu untuk digunakan nanti (dengan baterai).

Apa yang terjadi dengan sistem panel surya saat hujan dan malam hari?

Sistem tetap dapat berjalan sempurna dengan bantuan baterai. Baterai berfungsi sebagai tempat penyimpanan daya listrik yang dihasilkan oleh panel surya. Sehingga tidak perlu khawatir sistem panel surya tidak dapat digunakan pada hujan ataupun malam hari, karena sistem tetap dapat berfungsi sempurna.

Namun perhatikan jenis baterai yang disarankan untuk digunakan adalah tipe sekunder, baik itu lead acid ataupun lithium. Untuk memaksimalkan fungsi sistem anda, maka pilih baterai lead acid industrial, dengan DoD hingga 80%. Bukan tipe lead acid otomotif, yang biasa digunakan untuk kendaraan.

Baca juga: Tipe Baterai yang Sesuai Untuk Sistem Panel Surya

Apa itu proses charging dan discharging?

Proses charging atau disebut catu daya adalah sebuah proses pengisian baterai oleh panel surya dengan pengaturan yang dilakukan oleh sebuah produk kontrol (SCC – solar charger controller). Sehingga baterai tersebut dapat menjadi cadangan daya untuk dapat digunakan nanti atau sewaktu-waktu jika aliran listrik utama (PLN atau genset atau sistem pembangkit lainnya) tidak mampu mengalirkan listrik.

Proses discharging atau pelepasan daya adalah sebuah proses pelepasan daya baterai ke beban. Hal ini juga berarti ada kejadian konsumsi daya yang dilakukan, seperti saat menyalakan lampu. Perhatikan untuk menyeimbangkan atara kapasitas baterai dengan lama penggunaan, sehingga baterai tidak digunakan secara berlebih, yang dapat menyebabkan baterai cepat rusak.

Apa sistem ini berbahaya?

Semua sistem listrik akan berbahaya, jika tidak mengikuti standar dan petunjuk penggunaan yang tepat. Selalu berhati-hati dan mengetahui segala resiko sistem panel surya adalah salah satu cara mengetahui bagaimana cara kerja sistem panel surya secara aman.

Selalu merujuk ke instruksi manual yang diberikan oleh penyedia, dan disarankan untuk menggunakan jasa ahli dalam merencakanan, memasang dan mengawasi sistem panel surya terpasang. Pilihlah penyedia yang berpengalaman dan terbukti kualitasnya, agar dapat memastikan sistem listrik surya anda terpasang dengan aman.

Apakah sistem panel surya ini mahal?

Pertanyaan ini hanya mitos, karena sistem panel surya telah mengalami penurunan harga yang cukup signifikan dalam 2 tahun terakhir. Sehingga sistem panel surya memiliki harga yang lebih terjangkau dalam beberapa tahun terakhir.

Jika sistem listrik surya dibandingkan dengan PLN di wilayah yang telah tersedia listrik PLN, maka benefit yang dilihat harus dilihat dalam periode masa depan. Sehingga pembiayaan listrik surya anda akan cenderung lebih baik dibandingkan listrik konvensional.

Namun, jika ketersediaan listrik PLN masih dirasa kurang atau belum sama sekali, dan masih banyaknya penggunaan dengan generator berbahan bakar fosil, maka benefit sistem listrik surya dapat dirasakan secara langsung dan cenderung jauh lebih baik jika dilihat ke masa depan.

Lalu, bagaimana cara kerja sistem panel surya sebenarnya?

Cara kerja sistem panel surya cukup mudah:

  • Panel surya menghasilkan listrik dengan menggunakan solusi teknologi sel surya atau fotovoltaik.
  • Listrik yang dihasilkan dapat digunakan secara langsung (VDC sistem), seperti untuk lampu, pompa, radio dan lain sebagainya.
  • Atau dapat digunakan dengan bantuan inverter (VAC sistem) untuk menyalakan peralatan yang biasa anda gunakan di rumah, kantor, pabrik atau lainnya, seperti lemari pendingin, televisi, AC dan lain sebagainya.
  • Gunakan baterai jika membutuhkan sistem panel surya yang dapat mensuplai listrik hingga 24 jam.
  • Untuk daerah perkotaan yang tersambung dengan baik ke listrik PLN, manfaatkan sistem grid tie. Selain dapat membantu efisiensi konsumsi listrik, juga dapat membantu mengurangi biaya pemakaian PLN.
  • Untuk daerah yang belum maksimal atau tidak sama sekali mendapatkan manfaat listrik PLN, maka solusi sistem hybrid ataupun off grid dapat membantu menyediakan akses listrik sementara.

Ada hal yang perlu diketahui untuk sistem panel surya?

Pastikan beberapa hal berikut dalam memanfaatkan listrik surya:

  • Pastikan panel surya tidak terhalang oleh bayangan.
  • Pastikan kabel dan koneksi terhubung dengan baik.
  • Gunakan produk berkualitas, jangan hanya murah.
  • Selalu konsultasikan dengan tenaga profesional, untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai sistem panel surya.

Jadi, bagaimana menurut anda, sudah siap untuk mencoba? Bagikan pendapat atau pengalaman anda mengenai pemanfaatan dan penggunaan listrik surya di kolom komentar dibawah.

Apa komentar anda?

five × 3 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...