bagaimana cara kerja sistem panel surya

Matahari tidak bersinar terus menerus selama 24 jam setiap hari? Lalu bagaimana cara kerja sistem panel surya, sehingga dapat menopang aktivitas manusia modern yang tidak ada kata berhenti setiap detik – setiap jam- setiap hari – sepanjang tahun?

Apa yang terjadi dengan matahari setiap hari di Indonesia?

Matahari selalu terbit timur dan tenggelam di arah barat setiap harinya. Indonesia, yang berada di garis khatulistiwa, mendapatkan sinar matahari selama 10 – 12 jam setiap harinya.

Namun sinar matahari tersebut tidak selalu konstan pada saat terbit dan tenggelam. Maksudnya adalah sinar matahari seperti sebuah kurva, sinar muncul perlahan saat terbit, dan semakin menguat hingga puncaknya pada siang hari, lalu berkurang hingga akhirnya tenggelam.

Dari kurva diatas (dapat dilihat pada gambar sebagai garis kuning), matahari memiliki waktu ideal untuk dapat diserap panel surya adalah antara jam 10.00 – 15.00 atau setara ± 5 jam/hari.

Apa yang terjadi dengan panel surya?

Panel surya akan memproduksi energi hanya selama puncak penyinaran ± 5 jam/hari atau setara 5 kWh/hari dengan variasi ± 30%. Variasi ini dipengaruhi lokasi, kondisi iklim, tampilan muka bumi, vegetasi dan lain sebagainya.

Di Indonesia, produksi energi terbesar berada di NTT, NTB dan sebagian Papua. Sedangkan yang terkecil berada di Jakarta dan sekitarnya.

Kemana energi listrik yang diproduksi mengalir?

Energi listrik yang diproduksi akan digunakan untuk mengaliri kebutuhan listrik bangunan secara langsung (Grid Tie) atau disimpan terlebih dahulu untuk digunakan nanti (dengan baterai).

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address

Apa yang terjadi dengan sistem panel surya saat fajar, sore dan malam hari?

Sistem tetap dapat berjalan sempurna dengan bantuan baterai. Sehingga tidak perlu khawatir sistem panel surya tidak dapat digunakan pada fajar, sore atau malam hari, karena sistem tetap dapat berfungsi.

Apa itu proses catu daya?

Catu daya adalah sebuah proses pengisian aki, sehingga dapat menjadi cadangan daya untuk dapat digunakan nanti atau sewaktu-waktu jika aliran listrik utama (PLN atau genset atau sistem pembangkit lainnya) tidak mampu mengalirkan listrik.

Apa sistem ini berbahaya?

Semua sistem listrik akan berbahaya, jika tidak mengikuti standar dan petunjuk penggunaan yang tepat. Selalu berhati-hati dan mengetahui segala resiko sistem panel surya adalah salah satu cara mengetahui bagaimana cara kerja sistem panel surya secara aman.

Apakah sistem panel surya ini mahal?

Pertanyaan ini hanya mitos, karena sistem panel surya telah mengalami penurunan harga yang cukup signifikan dalam 2 tahun terakhir. Sehingga sistem panel surya memiliki harga yang terjangkau.

Lalu, bagaimana cara kerja sistem panel surya sebenarnya?

Cara kerjanya cukup mudah:

  1. Panel surya menghasilkan listrik dengan menggunakan solusi Photovoltaik.
  2. Listrik yang dihasilkan dapat digunakan secara langsung (VDC sistem), seperti untuk lampu, pompa, radio dan lain sebagainya.
  3. Dengan menggunakan inverter (VAC sistem), listrik dapat digunakan untuk juga peralatan rumah tangga, seperti lemari pendingin, televisi, AC dan lain sebagainya.
  4. Gunakan baterai jika membutuhkan sistem panel surya bertahan hingga 24 jam.

Ada hal yang perlu diketahui untuk sistem panel surya?

  1. Pastikan panel surya tidak terhalang oleh bayangan.
  2. Pastikan kabel dan koneksi terhubung dengan baik.
  3. Gunakan produk berkualitas, jangan hanya murah.
  4. Selalu konsultasikan dengan tenaga profesional, untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai sistem panel surya.

Sudah siap untuk mencoba?

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/01/Kebutuhan-Pagi-940x492.pnghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/01/Kebutuhan-Pagi-300x157.pngJanalokaEnergyAC Coupling,aplikasi,baterai,BCR,business,community,DC coupling,design,Indonesia,inovation,janaloka.com,net metering,OFF GRID,Panel surya,PLTS,produk,solar system,technologyMatahari tidak bersinar terus menerus selama 24 jam setiap hari? Lalu bagaimana cara kerja sistem panel surya, sehingga dapat menopang aktivitas manusia modern yang tidak ada kata berhenti setiap detik - setiap jam- setiap hari - sepanjang tahun? Apa yang terjadi dengan matahari setiap hari di Indonesia? Matahari selalu terbit timur...The #1 Solar Energy Crowd

Artikel yang mungkin anda suka: