Goods Invention

Penggunaan ATM Tenaga Surya Oleh BRI

Sebagaimana dikuti dari Bisnis, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggunakan ATM Tenaga Surya untuk beberapa Anjungan Tunai Mandiri. Tidak disebutkan lokasi ATM tersebut, namun sedikitnya 20 ATM Tenaga Surya telah terpasang.

ATM Tenaga Surya
ATM Tenaga surya oleh Borg Energy

ATM tanpa listrik ini merupakan inovasi terbaru BRI dengan tujuan memudahkan nasabah dalam bertransaksi, khususnya di daerah terpencil. Walaupun begitu, penempatan ATM Tenaga Surya ini hanya untuk sementara. Sehingga, jika PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menyalurkan listrik ke daerah tersebut, maka ATM kembali akan menggunakan listrik.

Hemat dengan ATM Tenaga Surya

Investasi untuk pengadaan ATM Tenaga Surya ini mencapai Rp 350 juta. Namun, meskipun biaya pengadaan ATM ini lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan ATM pada umumnya, ATM jenis ini lebih murah dibandingkan menggunakan mesin genset dengan solar.

Hal ini dikarenakan, lokasi pemasangan yang jauh dari pusat kota, biaya pengadaan solar industri yang cukup mahal untuk genset dan biaya perawatan sistem panel surya yang jauh lebih murah.

Corporate Secretary BRI, Hari Siaga, menuturkan pada rencana bisnis bank (RBB) tahun depan, perseroan bakal menambah 100 ATM tenaga surya. Sedangkan untuk tahun depan, BRI bakal menambah jumlah mesin ATM-nya hingga mencapai 25.000 unit.

Sementara itu, per September 2015, BRI telah memiliki 21.685 mesin ATM. Untuk CDM, BRI telah memiliki 442 unit.

Inovasi tepat untuk generasi hemat

Sebelumnya, inovasi ATM tenaga surya ini, telah terlebih dahulu diaplikasikan oleh Green School, Bali. Dengan mengaplikasikan ATM ini, pihak sekolah ingin memberikan edukasi tentang energi hijau dan ramah lingkungan kepada siswa juga sebagai bukti bahwa sistem panel surya cocok untuk digunakan untuk aplikasi apapun.

ATM ini, juga sudah diaplikasikan di Arab Saudi dan India. Bank nasional Arab Saudi melakukan instalasi ATM ini untuk membantu kampanye hemat energi kepada nasabah bank bersangkutan. Sementara di India, State Bank of India (SBI) bekerja sama dengan Vortex Engineering berencana untuk memasang kurang lebih 545 ATM tenaga surya di seluruh penjuru area mereka.

Apa komentar anda?

13 − 11 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia