Application

Ide Aplikasi PLTS Untuk Peternakan

Ide Aplikasi PLTS Untuk Peternakan

Mata pencaharian masyarakat Indonesia, selain petani dan nelayan, juga sebagai peternak. Peternakan yang lumrah ada di Indonesia, adalah peternakan ayam, kambing dan sapi. Pada aplikasinya, peternakan ini tetap membutuhkan energi listrik untuk operasional harian. Berikut adalah beberapa aplikasi PLTS untuk peternakan yang sudah dilakukan di belahan lain dunia. Dimulai dari:

Air minum untuk hewan ternak dengan tenaga surya

Aplikasi ini banyak digunakan untuk peternakan sapi dan kuda. Cara kerjanya cukup mudah, listrik tenaga surya digunakan untuk memompa air bersih dari sumbernya ke tempat penampungan air minum.

Hal ini memudakan peternak dalam mempersiapkan air minum untuk hewan-hewannya. Sistem ini dapat digunakan secara otomatis, setiap beberapa saat air akan mengisi kembali, atau digunakan manual dengan bantuan operator, sehingga si operatorlah yang bertugas mengawasi air yang ada.

Lampu penerangan dengan tenaga surya

Lampu penerangan adalah hal utama dalam kandang ternak dan sekitar lokasi peternakan. Karena dapat membantu peternak mengawasi hewan-hewan mereka pada malam hari. Pengaplikasian sistem ini sangat mudah, sistem panel surya dihubungkan dengan lampu yang dapat dihidup dan matikan secara otomatis.

Penggunaan lampu LED dapat menjadi solusi untuk efisiensi daya dengan tingkat keterangan yang cukup baik. Keuntungan lain dari lampu LED adalah, lampu ini dapat digunakan hingga 50.000 jam dan mudah untuk dirawat.

Sebagai simulasi, lampu LED 5 watt (yang setara dengan ± 20 watt lampu fluorescence) dapat menggunakan panel 15 wp untuk penggunaan lebih dari 8 jam perhari. Dimensi panel surya pun terbilang kecil, hanya 20 x 30 cm. Untuk aplikasi lampu yang lebih banyak, panel surya dpat menyesuaikan.

 

Ide aplikasi PLTS untuk peternakan dengan Pagar listrik tenaga surya

Pagar listrik ini berguna untuk menjaga hewan ternak tetap di lingkungan kawasan peternakan dan memaksa pemangsa berada di luar area tersebut. Pagar listrik, sebagai salah satu ide aplikasi PLTS untuk peternakan, baik digunakan untuk peternakan dengan tipe hewan ternak yang dilepas dalam sebuah area.

Aplikasi ini cukup mudah untuk dipasang, panel surya cukup diletakkan di tempat dekat dengan pagar. Aliran listrik yang ada disesuaikan dengan kebutuhan, cukup untuk membuat hewan terkejut dan menjauhi pagar tersebut. Namun, tidak cukup berbahaya jika secara tidak sengaja disentuh oleh manusia.

2 Komentar

  1. Indonesia punya banyak potensi untuk peternakan. Jika saja bisa digabung dengan sistem panel surya seperti anda tulis. Saya yakin Indonesia tidak butuh impor lagi.

    Great article!

    Balas

Apa komentar anda?

5 × 2 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia