Energy

Aplikasi perhitungan sistem PLTS secara Online/Offline

Jika anda ingin melakukan pemasangan sistem panel surya, berikut adalah beberapa software untuk aplikasi perhitungan sistem PLTS yang dapat anda gunakan untuk membantu mempermudah dalam menentukan kebutuhan anda.

PV Designer Solmetric

PV Designer merupakan software dari penyedia peralatan analisa sistem panel surya, Solmetric. Software ini dapat membantu analisa melalui penggambaran skema atap, drag-and-drop panel surya, menghitung sistem berdasarkan lokasi dan data cuaca, juga banyak simulasi perhitungan lainnya.

Software ini ditawarkan secara gratis.

aplikasi perhitungan sistem PLTS

SOLERGO

Solergo merupakan software dari Italia yang dikembangkan oleh Electro Graphics Srl. Software ini digunakan untuk menghitung dan mensimulasikan sistem grid tie.

Harga software ini mulai dari gratis hingga berbayar, sesuai aplikasi yang digunakan.

SKELION

Skelion adalah software untuk perhitungan sistem panel surya tambahan untuk program Sketchup, yang dapat digunakan untuk mensimulasikan perhitungan solar pv. Program ini termasuk perhitungan bayangan dan dapat digunakan pada MAC OS ataupun Windows.

Software ini tersedia versi gratis.

Electrical Engineering Portal

Aplikasi lain yang bisa dilihat adalah Solar Panel calculator dari EEP (electrical Engineering Portal). Aplikasi ini akan membantu menghitung besaran kapasitas yang dihasilkan, besaran Voltase dan Ampere, menghitung luasan panel surya yang akan terpasang dan efisiensi sistem. Aplikasi ini terbilang sederhana, namun dapat membantu menghitung secara cepat.

Janaloka

Aplikasi terakhir ini adalah aplikasi yang disediakan oleh janaloka.com. Aplikasi ini masih dalam proses pengembangan. Hingga sekarang, ada empat jenis layanan aplikasi yang disediakan, yaitu:

Aplikasi perhitungan sistem PLTS berdasarkan kapasitas yang digunakan per bulan

Aplikasi ini dapat digunakan untuk menghitung kebutuhan PLTS secara online berdasarkan kapasitas yang digunakan oleh pengguna setiap bulannya. Misalkan pengguna menggunakan kapasitas PLN 361 kWh perbulan, maka nilai kapasitas inilah yang dimasukkan dalam aplikasi kalkulator. Kemudian secara otomatis, aplikasi akan menunjukkan jumlah kapasitas yang dibutuhkan.

Aplikasi perhitungan sistem PLTS berdasarkan pembayaran listrik per bulan

Sama dengan aplikasi diatas, namun dasar perhitungan adalah besaran nilai rupiah pembayaran listrik perbulan. Aplikasi akan secara otomotis memberikan jumlah kapasitas PLTS yang dibutuhkan, segera setelah pengguna memasukkan nilai pembayaran listrik PLN.

Aplikasi perhitungan sistem PLTS berdasarkan beban produk per hari

Aplikasi ini digunakan dengan memasukkan jenis, kapasitas, unit dan waktu penggunaan dari beban. Setelah masing-masing beban dihitung, maka aplikasi secara otomatis menghitung jumlah kapasitas PLTS yang dibutuhkan.

Aplikasi perhitungan investasi sistem PLTS dan ROI

Aplikasi ini berfungsi untuk menghitung besaran nilai investasi dan ROI yang disediakan dari sistem PLTS yang ditawarkan. Dasar perhitungan adalah nilai rupiah pembayaran listrik PLN per bulan dan jenis kWh meter yang digunakan oleh pengguna. Setelah info tersebut dilengkapi, aplikasi akan secara otomatis menghitung berapa kapasitas PLTS yang ditawarkan, nilai investasi dan ROI.

Apa komentar anda?

eleven + eight =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...