Invention Solar

Aplikasi Pabrik Bertenaga Surya Oleh SHARP

Pabrik PT Sharp Electronics Indonesia- Karawang telah mulai menggunakan sistem pembangkit listrik tenaga surya, dengan kapasitas 66.600 Watt, atau setara dengan kebutuhan energi dari area yang memiliki sekitar 148 rumah tangga. Sistem pembangkit Pabrik Bertenaga Surya ini menggunakan kurang lebih 360 unit panel surya, dengan kapasitas ± 185 Wp.

SHARP telah mengembangkan sel surya dari tahun 1959. SHARP menggunakan teknologi tersebut untuk diintegrasikan dengan perangkat aplikasi listrik  seperti untuk peneranan rumah. Walaupun masih dalam bentuk prototype, SHARP membuktikan bahwa teknologi sel surya dapat menjadi alternatif sumber daya energi baru.

Perjalanan sistem pembangkit tenaga surya SHARP

Pada tahun 1976 Jepang meluncurkan satelitnya yang pertama. Satelit ini juga telah mengadopsi sel surya SHARP dengan baik. Pada perkembangannya, lebih dari 1.900 titik lokasi untuk penerangan rumah dan sekitarnya di Jepang, telah menggunakan tenaga listrik yang berasal dari sistem Pabrik Bertenaga Surya yang menggunakan sel surya SHARP.

Pada tahun 1994, SHARP pertama kali memproduksi secara komersial panel surya yang dapat digunakan sebagai atap rumah. Permintaan yang semakin besar dan perkembangan teknologi panel surya yang terus meningkat, telah mendorong SHARP untuk mengembangkan sistem produksi mereka secara lebih baik.

Di dunia, panel surya SHARP telah banyak digunakan untuk fasilitas publik dan institusi pendidikan. Di Indonesia sendiri, panel surya SHARP telah mensupplai energi listrik ke beberapa fasilitas umum dan pemerintah.

Aplikasi Pabrik Bertenaga Surya Oleh SHARP

SHARP berharap dengan daya listrik yang dihasilkan oleh panel surya di Pabrik Bertenaga Surya mereka di Karawang, mererka dapat mengefisienkan penggunaan listrik dan mengenalkan secara lebih luas tentang sistem solar panel. Energi yang dihasilkan tenaga surya tersebut, dapat dimanfaatkan untuk menyuplai daya hingga sekitar 60 persen kebutuhan listrik di kantor utama SEID di Karawang.

Sebelumnya di tahun 2009, SEID telah melakukan terobosan serupa dengan menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menggunakan tenaga surya sebagai sumber energi listrik pada salah satu papan reklame SHARP yang berlokasi di jalan protokol MH. Thamrin, Jakarta Pusat dan Jl. Ngurah Rai Tuban-Bali. Energi surya yang digunakan sebanyak 192.000 KWh pada  satu papan reklame yang berdurasi 6 jam per hari.

Aplikasi ini merupakan salah satu upaya Sharp dalam menjalankan bisnis yang sadar lingkungan dan kesehatan melalui gerakan hemat energi, yaitu dengan menggunakan seminimal mungkin bahan bakar fosil dan menggantinya dengan bahan bakar non-fosil yang dapat diperbaharui, seperti tenaga surya yang jumlahnya sangat tak terbatas ini. Tenaga surya adalah energi yang ramah lingkungan, mampu menghasilkan energi listrik tanpa gas buang karbondioksida.

Pabrik Bertenaga Surya

Solar panel adalah teknologi yang potensial untuk dikembangkan secara luas. Karena solar panel dapat diaplikasikan ke dalam banyak aplikasi, selama aplikasi tersebut membutuhkan tenaga listrik. Salah satunya adalah penggunaan solar panel di gedung, sebagai bahan pengganti kaca.

Berdasarkan kapasitas, negara Jepang adalah negara terbesar yang memproduksi solar cell untuk seluruh dunia. Pada akhir 2007, SHARP berhasil mensupplai energi listrik dengan angka komulatif mencapai 2 GW. Sedangkan total produksi energi listrik yang telah dihasilkan oleh sistem pembangkit tenaga surya diseluruh dunia mencapai angka 8 GW, itu berarti 1/4 energi listrik yang berasal dari solar sistem di dunia disuplai SHARP.

Apa komentar anda?

3 + 2 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia