Startup Storage

Aplikasi Flow Batteries Redoks Vanadium

Flow Batteries adalah jenis baterai catu yang memanfaatkan aliran elektrolit dalam sel elektrokimia. Secara umum, baterai jenis ini memiliki kemampuan yang cukup dihandalkan karena mampu menyimpan energi listrik lebih lama dibanding baterai yang umum ada di pasaran sekarang ini.

Flow Batteries ini memiliki umur fungsi yang cukup lama dan dapat digunakan pada temperatur 25° hingga 40° C. Sehingga untuk penggunaan dalam skala besar, baterai ini dapat diandalkan. Seperti yang terlihat selama beberapa tahun terakhir, pengembangan Flow Batteries  sudah cukup banyak dilakukan oleh badan penelitian ataupun perusahaan-perusahaan pemula (Startup).

Aplikasi Flow Battery Redoks Vanadium

Flow Battery Redoks Vanadium adalah salah satu tipe Flow Batteries yang memiliki kemampuan yang paling menjanjikan. Baterai jenis ini mampu melakukan rekasi kimia yang lebih baik dibanding penggunaan material lain, seperti seng-bromin atau besi-kromium.

Secara khusus, The Department of Energy’s Pacific Northwest National Laboratory (PNNL) dalam beberapa tahun terakhir mengembangkan elektrolit vanadium baru, yang mampu meningkatkan kapasitas penyimpanan energi sebesar 70% dari versi sebelumnya. Elektrolit baru ini juga dapat meningkatkan suhu operasi dari baterai saat digunakan, dapat menghasilkan daya yang lebih besar, serta umur pakai yang lebih panjang.

Tiga Startup pengembang Flow Batteries

Sejauh ini, ada tiga perusahaan yang memiliki lisensi penggunaan teknologi PNNL ini, yaitu Imergy, startup dari Fremont, California, yang sebelumnya dikenal sebagai Deeya. Mereka beralih dari penggunaan tipe Flow Batteries yang menggunakan reaksi besi-krom menjadi vanadium pada tahun 2014.

Yang kedua adalah WattJoule, sebuah startup yang berbasis di Massachusetts. CEO dan founder wattjoule, DR. H. Frank Gibbard, sebelumnya telah terlebih dahulu mengembangkan baterai ion lithium. Namun dengan inovasi penyimpanan energi yang semakin inovatif, bersama dengan Greg Cipriano, wattjoule didirikan pada 2012.

Yang ketiga adalah UniEnergy. Startup yang didirikan pada tahun 2012 dan berbasis di Seattle ini, ekarang, sedang mengembangkan “generasi ketiga” Flow Batteries untuk skala komersial. Sejauh ini, UniEnergy mampu memproduksi 100 MW tiap tahunnya. Yang menarik adalah sistem penyimpanan energi yang mereka produksi telah disiapkan dalam kontainer, sehingga memudahkan dalam instlasi.

UniEnergy mengklaim, Flow Batteries yang mereka produksi mampu mendukung aplikasi pembangkit yang membutuhkan tempat penyimpanan, baik On Grid atau OFF Grid, sehingga dapat mengoptimalisasi penggunaan pembangkit yang ada.

Aplikasi Flow Batteries Redoks Vanadium

1 Komentar

Apa komentar anda?

17 + 11 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia