Application Highlight

Insight Provider: All-in-one PJU Tenaga Surya

All-in-one Solar Street Light atau All-in-one PJU Tenaga Surya adalah produk yang menggabungkan PV Cell (Panel Surya-red), Baterai Lithium, Solar Charger Controller (SCC) dan Lampu Jalan LED dalam satu produk.

All-in-one PJU Tenaga Surya

Desain nya yang praktis dan ramping, awalnya memberikan kesan produk ini adalah produk lampu jalan tenaga surya untuk masa depan. Jujur saja, awal nya kami (ICA Solar) menjual produk tersebut karena melirik potensi pasar yang menjanjikan.

Tetapi setelah lebih dari setahun menjual produk tersebut, kami mulai mendapatkan banyak keluhan dimana lampunya tidak menyala selama yang tertulis dalam brosur. Setelah kami analisa lebih dalam ada tiga alasan mengapa kami tidak lagi menjual All-in-one PJU Tenaga Surya.

1. Sistem yang digunakan sangat pas-pasan

Jumlah PV Cell dan kapasitas baterai yang digunakan sekedar cukup digunakan selama satu hari. Jadi bila keesokan harinya cuaca mendung, PV Cell yang digunakan tidak akan cukup untuk mengisi ulang daya baterai hingga penuh.

Kapasitas baterai yang digunakan juga kebanyakan hanya cukup untuk 10-12 jam per hari, dengan autonomy day selama sehari. Jadi, bila keesokan harinya PV Cell tidak dapat menghasilkan daya secara penuh, maka kapasitas baterai akan kurang dan lampu tidak akan menyala selama 10-12 jam.

2. Fungsi sensor PIR pada All-in-one PJU Tenaga Surya tidak maksimal

Untuk mengakali kecilnya kapasitas baterai, All-in-one PJU Tenaga Surya umumnya diberikan sensor PIR (Passive Infrared Sensor) yang akan mengaktifkan Lampu LED ke rating maksimal jika ada obyek lewat, tetapi akan redup kembali bila dalam 1 menit tidak ada obyek yang lewat.

Sebagai contoh, produk All-in-one PJU Tenaga Surya dengan rating 20 W, bila ada obyek yang melewati sensor gerak PIR, lampu tersebut akan menyala dengan kekuatan 20 W selama satu menit. Tetapi bila tidak ada obyek yang melewatinya, lampu akan diredupkan kembali ke 5 W atau 10 W.

Hasilnya, biarpun produknya menyebutkan 20 W, sebenarnya lampu tersebut tidak terus berfungsi pada 20 W. Hal ini untuk mengakali kecilnya kapasitas baterai.

3. Arah PV Cell tidak selalu optimal dengan arah pencahayaan jalan.

Pada lokasi dibawah khatulistiwa (equator line) seperti pulau Jawa, PV Cell sebaiknya mengarah ke bagian utara, agar dapat menerima pencahayaan yang optimal. Namun, lampu jalan harus menghadap ke arah jalanan yang ingin diterangi.

Misalnya bila lampu harus menghadap jalan ke Utara, otomatis PV Cell yang di pasang akan menghadap kebalikan dari lampu dan menghadap ke arah Selatan. Tentu bila begitu, PV Cell tidak akan menerima pencahayaan yang optimal dan hasilnya pengisian baterai juga tidak akan optimal. Di tambah lagi seperti kondisi yang sudah dibahas pada point pertama, sehingga lampu tidak akan berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.

Karena tiga alasan tersebut kami sudah tidak lagi menjual All-in-one PJU Tenaga Surya. Desain yang awalnya menjanjikan setelah ditelusuri lebih dalam, aplikasi desain produk tersebut tidak optimal.

Setelah pengalaman ini, filosofi kami dalam memilih produk adalah:

Apakah produk yang ditawarkan akan kami pakai sendiri?

Bila jawabannya Iya, akan kami tawarkan untuk pelanggan kami. Bila tidak, yah jangan (ditawarkan ke pelanggan-red).

Ditulis oleh Eric Tirtaputra
Founder & Director ICAsolar – Contact

Sekilas mengenai ICA SOLAR :

Didirikan sejak tahun 2014, ICA Solar berdedikasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan Energi Listrik Terbarukan di Indonesia. Dengan mengedepankan produk listrik yang ramah lingkungan, dan penggunaan cahaya matahari sebagai sumber energi, diharapkan produk-produk ICA Solar dapat menjadi solusi terbaik untuk waktu yang akan datang.

Sebagai produsen Energi Terbarukan di Indonesia, ICA Solar akan terus berupaya untuk dapat memajukan dan mengembangkan segala inovasi terbaru, tentang pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Dengan didukung oleh tenaga-tenaga profesional dalam bidang Energi Terbarukan, diharapkan ICA Solar mampu memberikan kemajuan bagi aspek energi solusi untuk masa depan Indonesia, dan tidak lupa untuk terus menjalin kerjasama baik dengan Perusahaan Listrik Swasta maupun Perusahaan listrik Negara (Persero), Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan badan usaha yang bergerak dalam energi terbarukan baik lokal maupun international.

Hubungi ICA Solar:

A. Glodok Plaza Ruko Blok A No. 11, Jl. Pinangsia Raya, Jakarta 11120
F. https://www.facebook.com/IcaSolarIndonesia/
W. http://www.icasolar.com

© 2017, diterbitkan pertama kali dengan judul “Mengapa kami tidak lagi menjual All-in-one Solar Street Light.” oleh penulis di laman Pulse Linkedin pada 

Apa komentar anda?

ten + 9 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia