Goods

Alat Perangkap Nyamuk Bertenaga Surya Pencegah DBD

Jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia tahun 2016 ini diperkirakan akan meningkat dibanding sebelumnya. Sejumlah daerah sudah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah. Hal ini dikarenakan terjadi siklus lima tahunan DBD, dimana setiap lima tahun ada peningkatan kasus DBD yang cukup tinggi.

Ancaman DBD terhadap kesehatan

DBD adalah penyakit yang mudah menular dari orang ke orang melalui perantara gigitan nyamuk Aedes aegypti yang menyebar hampir di seluruh pelosok Indonesia, kecuali tempat tinggal dengan ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut. Nyamuk itu sangat mudah bereproduksi sehingga kasus DBD sering terjadi di sebuah populasi penduduk yang padat.

Ancaman terbesar dari kasus DBD adalah kematian, karena hingga saat ini belum ditemukan obat dan vaksin untuk mencegah DBD. Pengobatan terhadap penderita hanya bersifat simtomatis dan suportif.

Siklus lima tahunan kasus DBD sudah terjadi sejak mulai ditemukannya serangan demam berdarah di Indonesia pada tahun 1968. Namun hingga saat ini belum ditemukan, apa sebenarnya yang menjadi penyebab siklus lima tahunan ini terjadi.

Mencegah lebih baik daripada mengobati

Untuk mengatasi kasus DBD, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah tindakan pencegahan. Pencegahan dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan di dalam maupun luar rumah, antara lain memberantas sarang dan jentik-jentik nyamuk dengan cara 3M plus, yaitu menguras, menutup, dan memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

Kegiatan pencegahan tambahan lainnya adalah seperti menaburkan bubuk larvasida di tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, serta memasang alat perangkap nyamuk bertenaga surya.

Alat Perangkap Nyamuk Bertenaga Surya

Alat Perangkap Nyamuk Bertenaga Surya

Alat Perangkap Nyamuk Bertenaga Surya ini memanfaatkan teknologi sederhana. Untuk menarik perhatian nyamuk, digunakan lampu ultraviolet yang menyala dengan energi listrik yang memanfaatkan tenaga surya. Alat ini mampu menyala hingga 24 jam setiap harinya.

Untuk mematikan nyamuk, dapat digunakan kawat berlistrik disekitar lampu atau menggunakan perangkap yang memungkinkan nyamuk tidak dapat lepas kembali. Aplikasi ini mampu memanfaatkan barang-barang bekas pakai di sekitar rumah.

Namun, jika ingin mencari produk jadi. Di pasaran sudah banyak alat perangkap nyamuk tenaga surya yang tersedia. Pemasangan pun lebih gampang, tinggal letakkan di lokasi yang terkena cahaya matahari maka produk dapat bekerja otomatis setiap harinya.

1 Komentar

Apa komentar anda?

two − 2 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia