Goods

Akses Internet Menggunakan Sinar Matahari

Beberapa peneliti dari University of Edinburgh telah mengembangkan teknologi yang memungkinkan panel surya mendeteksi sinyal broadband dan memungkinkan akses Internet Menggunakan Sinar Matahari.

Teknologi itu memungkin data dikirim di World Wide Web dengan menggunakan sinar Matahari, dan, selain itu, energi surya dapat dimanfaatkan untuk memberi energi bagi peralatan semacam itu, serta mendeteksi dan mengantar data, kata University of Edinburgh di dalam satu pernyataan, Kamis (10/4).

Akses Internet Menggunakan Sinar Matahari Untuk Mengakses daerah Terpencil

Itu dapat memungkinkan komunikasi nir-kabel yang memadai di daerah terpencil, di wilayah berkembang yang tak memiliki prasarana web, atau dalam kondisi darurat, kata pernyataan tersebut, sebagaimana dilaporkan Xinhua — di Jakarta, Kamis (10/4) malam.

Purwarupa sistem itu telah mencapai kecepatan pengiriman sekitar tujuh Mbps, yang sama dengan kecepatan maksimal jaringan nirkabel konvensional, tambahnya.

Penelitian tersebut dirintis di teknologi Li-Fi pelopor tim Edinburgh –yang memungkinkan data dikirim melalui Internet dengan menggunakan lampu LED.

“Li-Fi yang bertenaga surya dapat membuat akses Internet mungkin diperoleh di tempat jauh, dan membuka semua jenis kemungkinan bagi komunikasi nir-kabel yang berjangkauan luas,” kata Prof Harald Haas dari University of Edinbrugh sebagaimana dikutip Antara.

Akses Internet Menggunakan Sinar Matahari
Prof Harald Haas dari University of Edinbrugh

 

Teknologi Li-Fi menggunakan kecepatan cahaya untuk mentransfer data. Perangkat awal pemberi sinyal akan memancarkan cahaya sekaligus mentransfer data, lalu diterima oleh reciever. Peneliti mengatakan kamera yang tersemat dalam ponsel pintar dapat dimodifikasi menjadi perangkat penerima dari sinyal yang dikirim lewat cahaya tersebut. Secara teori, Li-Fi bisa mentransfer data nirkabel hingga 1 Gbps untuk kecepatan akses internetnya.

Apa komentar anda?

four × 5 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia