Arga Rifky Nugraha asked 12 bulan ago

Selamat siang. Perkenalkan saya Arga. Saya tertarik sekali untuk terjun di bisnis pemasangan panel surya untuk rumah secara Grid-Tie atau On-Grid yang di paralel dengan jaringan PLN. Saya mempunyai beberapa pertanyaan terkait PLTS Grid-Tie atau On-Grid sebagai berikut :

1. Berapa estimasi biaya On-Grid untuk kapasitas terpasang 1 kwp dari proses awal sampai bisa running(termasuk biaya instalasi PLTS sampai perijinan kwh exim)? Dan apa saja komponen-komponen utama yang diperlukan untuk sistem On-Grid?
2. Apakah penggunaan baterai untuk sistem On-Grid diperlukan? Dan apa pertimbangannya?
3. Bagaimana simulasi perhitungan jika menggunakan kwh exim?
4. Apakah ada saran atau rujukan dari Janaloka untuk produsen atau distributor panel surya dan komponen lainnya yang baik dalam segi harga maupun kualitas?
5. Menurut Janaloka, bagaimana peluang untuk PLTS kedepannya? Ini yang paling penting hehehe..
 
Demikian pertanyaan-pertanyaan saya, mohon informasinya. Terima kasih.
 
Salam,
 
 
Arga Rifky Nugraha

1 Answers
JanalokaJanaloka Staff answered 12 bulan ago

Hai Arga,
Terima kasih telah menghubungi kami, dan kami sangat mendukung anda untuk terlibat lebih jauh dalam industri ini. Untuk pertanyaan anda:

  1. Estimasi biaya mulai dari 15 juta per 1 kWp. Kamu dapat mengetahui lebih detail simulasi biaya dan komponen produk apa saja yang digunakan dengan membaca di tulisan kami di “Bagaimana menghitung biaya 15 juta untuk 1 kWp sistem panel surya?“.
  2. Untuk sistem on grid, tidak menggunakan baterai. Karena sistem ini hanya dapat bekerja, jika ada tegangan PLN. Tapi, grid tie juga bisa menggunakan baterai, yang disebut grid interactive atau smart grid. Lebih lengkap, bisa kamu baca di “PLTS Grid Tie Untuk Rumah Tangga” dan “Penggunaan Panel Surya Pada Atap Rumah“.
  3. untuk pemasangan listrik surya harus berada di bawah besar kapasitas daya kwh meter terpasang. misal kamu memasangan 2200VA, maka daya listrik surya terpasang hanya 2000 Wp. Kamu juga dapat mencoba aplikasi “kalkulator grid tie” kami untuk menentukan kebutuhan listrik surya kamu.
  4. Ada banyak distributor dan rekanan yang bergabung dalam jaringan kami, kamu dapat melihat mereka di halaman “direktori penyedia“.
  5. Menurut kami PLTS memiliki potensi yang besar kedepannya, terutama pemerintah telah mengatur ini dalam regulasi net metering dan semakin banyaknya pemilik rumah yang memahami pentingnya listrik alternatif. 

Sebagai tambahan, kami juga memiliki kalkulator surya yang dapat membantu kamu menemukan solusi sistem listrik surya yang tepat sesuai kebutuhan kamu. Temukan di halaman kalkulator surya atau copy dan kunjungi link bit.ly/panelmu.
Semoga membantu!
 
Salam,
Ninda

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia