Eko Suranto asked 2 tahun ago

Saya adalah orang yang awam dengan Panel Surya dan ingin sekali belajar tentang panel surya.
bagaimana cara menghitung investasi dengan panel surya secara manual jika dibandingkan dengan tagihan listrik yang saya bayarkan.

Terima kasih

1 Answers
JanalokaJanaloka Staff answered 2 tahun ago

Hai Pak Eko,
Kami sangat senang bisa mengetahui bahwa anda mulai melirik sistem panel surya sebagai salah satu sumber energi alternatif. 
Untuk pertanyaan anda, pertama anda harus mengetahui terlebih dahulu kapasitas yang dapat terpasang di rumah anda. Caranya:

  1. Menentukan dari kapasitas kWh meter terpasang. Anda harus mengetahui berapa kWh meter EXIM yang terpasang (1300 VA? 2200 VA, 5500VA?) dan komunikasi kan dengan pihak PLN setempat untuk mengetahui berapa besar kWh meter EXIM yang diizinkan untuk dipasang di kawasan anda. kWh meter EXIM berbeda dengan kWh yang terpasang di rumah konvensional. Silahkan di cek di https://janaloka.com/pelaksanaan-net-metering-dengan-kwh-meter-exim/ untuk info lengkap.
  2. Menentukan dari kapasitas atap/dak/ruang yang bisa dipasangi panel surya. Hitung berapa luasan yang dapat terpasang, kemudian bagi dengan luas panel surya (standar sebuah panel surya memiliki luasan 1,6 meter persegi).

Jika anda sudah menentukan kapasitas, info lebih lengkap dapat ditemukan di https://janaloka.com/sistem-panel-surya-atap/, maka selanjutnya anda perlu menghitung berapa nilai investasi. Idealnya untuk harga JABODETABEK, harga sistem 1 kW terpasang adalah antara 25 – 35 juta (perbedaan tergantung jenis produk yang digunakan, lokasi pemasangan dan faktor lainnya). Cukup kalikan nilai kapasitas panel surya anda dengan harga diatas. Nilai yang didapat adalah nilai investasi.
Skema biaya, dapat dibaca lebih lengkap di https://janaloka.com/skema-biaya-solar-pv-rooftop/.
Pengalaman kami, pemasangan panel surya dapat mengurangi biaya listrik mulai dari 20% hingga 40% perbulan, tergantung kapasitas. Semakin besar kapasitas panel terpasang, maka semakin besar biaya yang dapat anda kurangi. 
Dari sini silahkan bandingkan nilai biaya bulanan tagihan listrik anda, sebelum dan sesudah pemasangan panal surya. Selisih nilai yang didapat, bisa menjadi acuan untuk mengtahui berapa lama investasi anda balik modal.
Sekian informasi yang dapat kami berikan, dan jangan sungkan untuk menghubungi kami kembali jika ada pertanyaan. Jangan lupa mengklik Like halaman facebook kami ya di https://www.facebook.com/janalokadotcom.
 
Regards,
Ghalih

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia