Wyeto asked 1 tahun ago

Jika saya ingin memasang 100 array panel surya 150wp untuk aplikasi On Grid, kapan panel dihubung seri atau paralel dan inverter brapa yang paling efisien digunakan?

1 Answers
JanalokaJanaloka Staff answered 1 tahun ago

Hai Pak Wyeto,

Untuk On Grid, kami lebih senang menanyakan berapa kebutuhan listrik PV anda? Untuk penggunaan dibawah 30 KVA, kapasitas PV harus berada dibawah kapasitas alat kWh meter terpasang. Misalkan kWh terpasang anda 5500 VA, maka maksimal kapasitas PV terpasang adalah 5000 Wp (250 Wp panel sebanyak 20 unit).

Dari penentuan kapasitas PV, maka anda baru bisa mengetahui kebutuhan inverter anda, yaitu sebesar min 5 KW. Cek kembali spesifikasi inverter anda, berapa daya maksimal yang dapat diproduksi dari besar efisiensi produk. Untuk beberapa merek cina, tercantum efisiensi >90%, namun kenyataan hanya 50-60%. Hal ini akan mempengaruhi jumlah daya yang dapat anda gunakan nantinya.

Setelah mengetahui inverter apa yang anda gunakan, baru kemudian kita hitung kembali berapa kebutuhan tegangan dan arus agar inverter bekerja. Disini array panel baru dapat diketahui. Tentu dengan mempertimbangkan masing-masing spesifikasi produk yang tertera.

Regards,
Bayu

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia