Prash asked 1 tahun ago

Yth. Team Janaloka,
Saat ini saya sedang mencoba membuat sistem pembangkit listrik alternatif utk rumah, yg bisa bekerja bersama dgn suplai listrik dari PLN dgn menggunakan panel surya (500W) dan wind turbine (800W) secara bersamaan. Apabila saya ingin menggunakan inverter model grid tie, pertanyaan:
1). Bisakah skema kelistrikan sbb?
PV & WT ==> hybrid charge controller ==> grid tie inverter ==> jaringan listrik rumah <== PLN
2). Hybrid charge controller tidak terhubung ke battery (open circuit)
Mohon pencerahannya & terima kasih atas bantuannya.
Salam.
 

1 Answers
JanalokaJanaloka Staff answered 1 tahun ago

Hai Pras,
Kami belum pernah menggunakan sistem turbin angin dan pv bersamaan sebelumnya. Namun karena sistem grid tie hanya berfungsi jika ada PLN dan menggunakan tipe tegangan VAC, maka skema kerjanya adalah PV => inverter grid tie =>jaringan listrik rumah <= PLN.
Sedangkan turbin angin memerlukan inverter VDC ke VAC terpisah untuk dapat terhubung dengan sistem diatas, dengan skema WT => controller => inverter => jaringan rumah. (kami tidak begitu yakin dengan sistem WT, karena belum pernah mengaplikasikan. skema tersebut terbuka untuk didiskusikan lebih lanjut, dan kami mohon maaf jika terjadi kesalahan. mohon koreksinya)
Kami kurang memahami rujukan anda mengenai hybrid charge controller yang open circuit, namun menurut pengalaman kami. semua tipe controller, MPPT atau PWM, yang digunakan sistem PV off grid ataupun hybrid, selalu membutuhkan baterai untuk bekerja.
Kecuali untuk model sistem AC coupling SMA, yang dapat langsung digunakan dayanya dari PV. Karena produk SMA sudah mengkonversi VDC langsung ke VAC (mirip model grid tie, namun tidak membutuhkan PLN agar bekerja, namun membuat tegangan sendiri). Namun produk ini disebut sebagai inverter grid oleh SMA, walaupun tetap terdapat MPPT didalamnya.
Trims,  

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia