Application

5 Ide Bisnis dari Panel Surya

Sistem panel surya sebagai salah satu sumber energi yang banyak digunakan sekarang ini, memiliki juga banyak inovasi baru yang muncul. Inovasi ini, pada gilirannya memberikan banyak ide bisnis dari panel surya. Seperti berikut:

Potong rambut dengan mini sistem panel surya

Mungkin ide bisnis dari panel surya satu ini, masih terlihat janggal. Tapi, apakah kamu perhatikan kalau hampir seluruh tempat potong rambut sekarang, lebih banyak menggunakan alat cukur rambut (hair clipper trimmer) disamping gunting.

Dengan rata-rata penggunaan daya sebesar 15 watt selama 6 jam per hari, sebuah mini sistem panel surya dengan kapasitas 20 Wp sudah mampu digunakan sebagai sumber tenaga untuk digunakan alat cukur rambut.

Penentasan telur ayam dengan sistem panel surya kapasitas kecil

Penetasan telur ayam membutuhkan pemanas dari lampu bohlam dengan daya 5 watt. Untuk penggunaan terus menerus 24 jam, maka untuk menetaskan 75 butir telur, dibutuhkan kurang lebih 4 bola lampu atau setara sistem panel surya 120 Wp.

Dengan kapasitas penetasan telur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Peternak tidak perlu kesulitan dan khawatir jaringan listrik PLN padam. Karena sistem panel surya terpasang, dapat secara otomatis bertahan hingga 3 hari, tanpa sinar matahari.

Kursus keahlian untuk masyarakat terpencil

Bagaimana jika di daerah terpencil dapat dibuat kursus online untuk membantu meningkatkan kemampuan dan keahlian masyarakat secara lebih luas melalui koneksi internet? Penyedia kursus hanya menyediakan sewa perangkat komputer dan akses internet. Lalu pelajaran didapat via internet oleh guru atau instruktur yang mengajar dari lokasi lain di Indonesia.

Memanfaatkan portal gratis, seperti coursera atau udacity, untuk mengakses kursus keahlian dari luar negeri, atau gunakan Indonesiax untuk layanan kursus dalam negeri. Pengguna juga bisa mengakses kursus bersertifikat, sehingga pengguna bisa mendapatkan pengakuan resmi tentang keahlian mereka untuk digunakan secara profesional.

Dengan adanya penyediaan infrastrukur bertenaga panel surya untuk pendidikan di lokasi terpencil, dapat memberikan dorongan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara lebih baik.

Agen produk sistem solar panel

Sistem produk yang simpel dan murah, menyebabkan penjualan produk sistem panel surya sudah merambah ke kota dan desa kecil di pelosok Indonesia. Salah satu Ide Bisnis dari Panel Surya yang dapat dilakukan adalah menjadi agen penjualan produk sistem panel surya.

Kopernik dan NDI telah mendorong peningkatan kapasitas masyarakat melalui program keagenan yang mereka miliki. Harapannya, dengan konsep penjualan melalui agen. Teknologi sistem panel surya dapat menjangkau lebih luas dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung.

5 Ide Bisnis dari Panel Surya
Solar Agent by kopernik

Nelayan pintar dengan lampu surya

Inovasi sistem solar panel selalu berkembang, lampu surya untuk nelayan adalah salah satu Ide Bisnis dari Panel Surya yang dapat dilakukan. Dengan konsep lampu untuk menarik ikan, lampu ini menggunakan energi yang berasal dari tenaga surya.

Seperti lampu ikan umumnya, lampu digunakan pada malam hari dengan cara dicelupkan ke dalam air. Ikan akan berkumpul di sekitar cahaya untuk dapat ditangkap dengan mudah oleh nelayan. Selesai digunakan, pada siang hari lampu dihubungkan dengan panel surya untuk dicatu kembali. Solusi bersih dan efisien untuk meningkatkan tangkapan ikan, bukan?

1 Komentar

  1. berikan warisan alam yang bersih bagi generasi mendatang, tinggalkan energi polutip mari kita beralih ke energi hijau yang ramah lingkungan dan bersih

    Balas

Apa komentar anda?

thirteen − 1 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia