5 Alasan TIDAK Memasang Panel Surya Di Rumah
Solar

5 Alasan TIDAK Memasang Panel Surya Di Rumah

Panel surya telah menjadi salah satu sumber energi yang banyak digunakan sekarang ini. Beberapa orang percaya, energi surya ini dapat menjadi sumber alternatif utama di masa mendatang. Jangan mudah percaya apa yang Kamu dengar, ada 5 alasan tidak memasang panel surya di rumah!

1. Panel surya itu buat orang GAK mampu!

Menurut data Asosiasi Produsen Modul Surya Indonesia (Apamsi), seperti dikutip detik.com (18/09/17), biaya pemasangan panel surya di atap rumah pada 2012/2013 masih sekitar ± Rp. 40.000.000,-/kWp setara 3.891 USD (1 USD = 10.280 IDR). Dibandingkan sekarang 2018, yang berada pada harga ± Rp. 15.000.000,-/kWp setara 1.084 USD (1 USD = 13.830 IDR), atau hanya turun 72%.

Sementara tarif listrik PLN hingga April 2012 berada di rata-rata Rp 795 per Kwh, bandingkan dengan tarif listrik pada April 2018 yang menjadi Rp 1.467,28 per kWh atau naik 84,5%.

Jadi, kalau mampu bayar listrik yang terus NAIK! Kenapa harus repot cari yang lebih menguntungkan?

2. Investasi panel surya gak GREGET!

Setelah melewati proses melelahkan dari survei hingga instalasi selama maksimal 14 hari, investasi pemasangan sistem panel surya akan kembali modal setelah 7 tahun. Atau setara cicilan per bulan ± Rp. 180.000,-.

Jikapun ingin kredit lebih cepat selama 2 tahun, bisa melakukan cicilan minimal Rp. 650.000,- per bulan. Dengan tambahan bonus Rp. 6.500.000,-, karena penghematan konsumsi listrik, sebelum pergantian komponen sistem panel surya dibutuhkan pada tahun ke-5.

Namun, lebih greget cicil motor Rp. 650.000,- per bulan, karena setelah 2 tahun bisa punya motor, bisa jalan-jalan, bisa beli bensin, dan terpenting LANJUT bayar listrik!

3. Panel surya itu seperti “tabungan” pensiun

Panel surya itu seperti tabungan pensiun, selalu dibayar setiap bulannya, namun tidak bisa dirasakan langsung manfaatnya. Hanya ketika waktunya tepat, seluruh tabungan tersebut bisa memberikan manfaat yang tidak terduga.

Tabungan pensiun terus dibayar selama masa kerja, dengan rata-rata besaran mulai dari ± Rp. 100.000,- perbulan hingga umur 55 tahun. Bandingkan dengan panel surya, yang harus dibayar dengan nilai mulai dari ± Rp. 180.000,- perbulan hingga 7 tahun lamanya.

Berarti jika Anda baru memasuki umur 30 tahun, Anda harus mulai menyisihkan gaji untuk pensiun selama 25 tahun. Sementara dengan panel surya, Anda harus menabung selama 7 tahun terlebih dahulu, sebelum merasakan pengurangan bayar listrik selama 18 tahun hingga Anda pensiun (ditambah manfaatnya akan terus ada, minimal 5 tahun kemudian).

Jadi, siapa yang butuh tabungan pensiun sekarang?

4. Panel surya menutupi atap Anda

Untuk kebutuhan rumah dengan kWh meter 1300 VA, panel surya akan membutuhkan ruang kurang lebih seluas 6,5 m². Sedangkan untuk rumah dengan kWh meter 2200 VA, panel surya akan menutupi atap seluas ± 13 m².

Bagaimana mungkin membiarkan panel surya menutupi atap rumah? Pertama, hal itu akan mengurangi fungsi atap dalam menerima sinar matahari. Karena bukankah itu fungsi atap dari awal, yaitu mendapatkan sinar matahari untuk melindungi penghuni?

Kedua, panel surya dapat menutupi atap rumah Anda, secara harfiah. Walaupun panel surya dapat dipasang tanpa merusak atap atau membuat kebocoran. Panel surya dapat menghalangi tetangga melihat atap Anda yang sebenarnya.

5. Anda bisa kehilangan teman: Percayalah!

Mungkin ini terdengar seperti Urban Legend. Namun dengan solusi yang tepat, energi surya dapat menyediakan listrik yang cukup untuk kebutuhan rumah tangga. Dan besar kemungkinan, biaya yang harus Anda bayar ke PLN dapat turun hingga minimal, bahkan tidak ada.

Lalu bayangkan, ketika teman Anda mengeluh mengenai biaya listrik yang terus naik. Lalu Anda hanya bisa bilang “Saya tidak perlu bayar listrik semahal itu!”.

Mungkin terlihat biasa saja menurut Anda. Tapi hal itu bisa memberi kesan yang buruk. Dan percayalah, itu bukan sesuatu yang ingin teman Anda dengar saat itu.

Jadi, masih ingin memasang panel surya di rumah Anda?

Pertimbangkan juga untuk membaca ini:

Apa komentar anda?

5 × four =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...