Energy

3 Tips Pemasangan PLTS untuk Desa

PLTS untuk desa adalah salah satu solusi energi listrik yang dapat diaplikasi dengan mudah oleh masyarakat desa untuk memenuhi kebutuhan listrik mereka. Penyediaan infrastruktur yang sulit, dapat menjadi lebih optimal melalui penggunaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Untuk menikmati listrik dari surya, masyarakat desa harus memperhatikan tiga hal berikut:

Rencanakan sistem PLTS untuk desa secara matang

Sistem PLTS untuk desa memiliki komponen yang tidak begitu sulit ditemukan di pasaran. Namun, penggunaan setiap komponen berbeda. Karena setiap produk memiliki karakter spesifikasi yang berbeda. Oleh karena itu diperlukan perencanaan yang matang untuk membuat sebuah sistem PLTS yang baik.

Perencanaan yang baik dapat dilakukan dengan menghitung seluruh kebutuhan secara mendetail. Termasuk pengiriman, pemasangan dan perawatan. Pastikan bahwa solusi yang diberikan, dapat memenuhi semua kebutuhan penggunaan yang ada.

PLTS untuk desa

Pilih penyedia, sistem PLTS untuk desa, yang terbaik

Memilih penyedia sistem panel surya untuk desa, tidak hanya berbicara masalah kualitas produknya saja. Namun juga harus melihat beberapa hal berikut:

  1. Kualitas produk dapat dilihat dari jaminan (warranty) dan garansi (guarantee) yang diberikan penyedia untuk produk terpasang. Penyedia yang telah memiliki pengalaman pemasangan, dapat menjadi pilihan utama. Terutama jika produk yang ditawarkan memiliki jaminan sistem dan jaminan garansi yang sesuai.
  2. Perhatikan portfolio proyek yang telah diselesaikan oleh penyedia sistem PLTS dan lihat performa proyek-proyek tersebut.
  3. Pastikan anda membeli kualitas, karena sistem PLTS untuk desa digunakan dalam jangka waktu yang lama, yaitu: 20 tahun.
  4. Pastikan anda memilih penyedia yang dapat memberikan pelayanan satu atap, dari perencanaan desain sistem PLTS untuk desa hingga instalasi dan perawatan. Karena sudah banyak penyedia produk yang dapat membantu anda dalam pengadaan, pemasangan dan perawatan produk PLTS.

Pilih alternatif solusi pembiayaan sistem PLTS untuk desa

Dengan semakin luasnya penggunaan sistem PLTS, maka semakin banyak alternatif pembiayaan yang dapat digunakan oleh masyarakat desa untuk membangun pembangkit mandiri. Dari pengelolaan mandiri dana desa, hingga pembelian kredit sistem PLTS.

  1. IPP – PPA; dengan metode power purchase agreement (PPA), masyarakat desa dapat membangun sebuah pembangkit bertenaga surya dengan investasi hingga Rp. 0,-. Pengembalian dana kepada investor dilakukan bertahap mulai dari 15 tahun hingga 25 tahun, tergantung kesepekatan jual beli listrik dan besaran kapasitas sistem pembangkit yang ada. Yang paling menarik dari alternatif pembiayaan ini adalah masyarakat desa dapat secara mandiri mengelola pembangkit mereka, dan mendapatkan kepemilikan pembangkit setelah masa kredit berakhir.
  2. Hibah / CSR; dengan metode ini, masyarakat desa bisa mencari bantuan pendanaan dari lembaga-lembaga donor. Kelemahan alternatif sistem ini adalah masyarakat harus terlebih dahulu memiliki perencanaan pembangunan atau telah melakukan pembangunan. Beberapa lembaga yang dapat memberikan bantuan adalah Hivos, MCA, USAID, dan lain sebagainya.
  3. Dana Desa; Setiap desa memiliki dana 1 Milyar rupiah, sekarang ini, masyarakat dapat membangun pembangkit mandiri di lingkungan mereka. Pengelolaan dan perawatan dapat dilakukan langsung oleh komunitas, dan sistem pembangkit dapat disesuaikan dengan penyediaan dana yang ada.

1 Komentar

Apa komentar anda?

two × 4 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia