Energy

3 Tantangan Pemakaian Solar Panel

Penggunaan solar panel untuk kebutuhan segari-hari, memang dapat memberikan solusi yang baik untuk optimalisasi penggunaan energi terbarukan tanpa polusi. Tapi, siapa menyangka ada 3 tantangan pemakaian solar panel, yang dapat menyebabkan produksi energi listrik kamu tidak maksimal.

Tantangan pemakaian solar panel tersebut adalah sebagai berikut :

Shading atau bayangan

Bayangan adalah kendala utama bagi aplikasi sistem solar panel, terutama untuk pengguna yang memakai tipe panel Crystalline (Mono/Poly/Multi). Panel Crystalline menggunakan rangkaian seri dan pararel pada panelnya. Sehingga jika ada bayangan yang menutup salah satu sel dalam rangkaian, hal ini akan mempengaruhi rangkaian secara keseluruhan dalam memproduksi daya listrik.

Permasalahan bayangan yang sering muncul di Indonesia adalah akibat dari tertutupinya permukaan solar panel oleh debu, pohon, objek tinggi lain yang ada di sekitar solar panel. Debu yang menutupi solar panel, dapat mempengaruhi tingkat penyerapan sinar matahari oleh solar panel.

Tantangan pemakaian solar panel dikarenakan debu, terutama sering terjadi di kota besar yang memiliki tingkat polusi cukup tinggi. Salah satu contohnya adalah aplikasi penerangan jalan umum tenaga surya yang dapat kita temui di jalan tol di Jakarta. Jika diperhatikan lebih seksama, hampir rata-rata permukaan solar panel tertutup debu hitam. Hasilnya, banyak aplikasi penerangan jalan umum tenaga surya yang tidak berfungsi secara optimal.

Pohon dan objek tinggi lain yang ada di sekitar solar panel juga merupakan tantangan pemakaian solar panel tersendiri. Walaupun hanya sedikit menutupi permukaan, namun dapat mempengaruhi kinerja solar panel secara besar.

Tantangan Pemakaian Solar Panel

Untuk mengatasi hal tersebut, maka permukaan solar panel harus seringkali di cek dan dibersihkan. Hal ini selain menjaga kapasitas produksi, juga dapat menjaga performa panel surya. Cara membersihkannya cukup dengan di lap atau disiram air dan juga menjaga agar tidak ada pohon atau objek lain yang dapat menghasilkan bayangan. Cara pembersihan lainnya adalah dengan memanfaatkan robot atau drone untuk membersihkan panel surya. Aplikasi ini sering digunakan untuk luasan panel dengan kapasitas lebih besar dan atau untuk lokasi yang sulit dijangkau secara manual.

Baca juga : Pemanfaatan drone untuk membersihkan panel surya

Cuaca mendung atau hujan

Tidak adanya sinar matahari ketika cuaca mendung atau hujan, menjadi tantangan pemakaian solar panel lainnya. Hal ini disebabkan sinar matahari yang menjadi sumber utama energi, tidak dapat secara optimal diterima oleh solar panel. Sehingga solar panel tidak mampu mengkonversi daya tersebut, untuk dapat digunakan kembali.

Sebenarnya, ketika cuaca mendung atau masih adanya sinar matahari yang sedikit tembus ke bumi, solar panel masih mampu memproduksi daya. Hanya saja daya yang dihasilkan cukup kecil, sehingga daya tersebut hilang saat perjalanan ke beban, atau berada dibawah daya minimum sistem, sehingga tidak dapat dikonversi.

Cuaca adalah salah satu variable yang berada di luar kemampuan sistem. Sehingga untuk memaksimalkannya adalah dengan menggunakan peralatan yang mampu mendeteksi nilai daya paling minimal dari sistem solar panel terpasang. Dan atau menambahkan baterai sebagai tempat penyimpanan daya untuk sewaktu-waktu dapat digunakan kembali jika suasana mendung atau hujan.

tantangan pemakaian solar panel

Kesalahan desain sistem dan penggunaan peralatan

Sekarang ini, peralatan pendukung sistem solar panel, seperti panel surya, inverter, baterai, sistem kontrol, dan kabel, sudah banyak terdapat di pasaran. Namun, hal ini bukan berarti setiap komponen peralatan tersebut memiliki spseifikasi dan kualitas yang sama.

Hal ini sangat dipengaruhi oleh pilihan material yang digunakan, cara produksi, cara pengecekan kualitas, pilihan inovasi teknologi yang digunakan dan harga. Jadi belum tentu setiap peralatan tersebut, dapat dengan mudah bekerjasama untuk menghasilkan daya produksi listrik yang maksimal.

Desain dan perencanaan adalah tantangan pemakaian solar panel yang harus dipikirkan semenjak dari awal pemasangan. Tanpa desain dan rencana yang matang, dapat diketahui bahwa sistem panel surya terpasang juga tidak akan memberikan hasil yang optimal. Siapa yang menginginkan investasi tinggi untuk produksi daya yang rendah?

Untuk mengatasi hal tersebut, perbanyak informasi saat akan melakukan pemasangan. Berkonsultasi dengan ahli yang memiliki kemampuan dan pengalaman yang lebih luas, juga sangat dianjurkan. Jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas konsultasi gratis yang disediakan oleh penyedia layanan sistem solar panel.

Apa komentar anda?

five × 2 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia