Ternyata Sel surya dapat dibuat dengan mudah dari material di sekitar kita. Berikut adalah 3 panel surya DIY, yang dapat anda buat sendiri:

Sel surya dari transitor jengkol

3 Panel Surya DIY yang Mudah dan Murah

Transistor 2n3055 atau yang biasa disebut dengan transistor “jengkol” merupakan alat semikonduktor yang dipakai sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainnya.

Komponen ini biasanya digunakan dalam rangkaian sound system. Tidak banyak orang yang tahu bahwa transistor 2n3055 memiliki fungsi lain, yaitu dapat berfungsi sebagai sel surya yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Bila kita buka bagian dalam transistor, maka kita akan menemukan material semikonduktor yang memiliki kemampuan untuk menyerap dan menghasilkan listrik melalui penyinaran matahari.

Untuk membuat panel surya sederhana dari transitor jengkol, maka anda cukup membuka penungkup transitor hingga bagian dalamnya terlihat. Kemudian lapisi dengan plastik mika untuk mencegah kotoran debu masuk. Selanjutnya tinggal hubungkan transistor ( cari basis / B) dan badan transistor ( colector/C ) dengan kabel ke beban yang ingin anda nyalakan, seperti lampu LED kecil.

Setelah itu cukup anda hadapkan rangkaian tadi ke matahari, dan lampu LED anda telah menyala. Sebuah transitor dapat menghasilkan tegangan 0.4 – 0.6 V. Anda dapat merangkai transitor ini secara seri untuk menghasilkan tegangan yang anda inginkan.

Sel surya dari plat tembaga

Untuk membuat panel surya DIY dari plat tembaga, cukup letakkan 1 lembar lempeng tembaga (ukuran disesuaikan dengan wadah) langsung di atas kompor (tanpa alas) dan dibakar. bakar terus sampai muncul warna orange, ungu dan kemerahan. semakin panas maka akan muncul lapisan berwarna hitam tapi nanti akan lepas dengan sendirinya.

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address

Biarkan terus terbakar sampai lapisan hitam yang muncul cukup tebal, sekitar setengah jam. setelah setengah jam matikan kompor dan biarkan tembaga mendingin secara lambat (biarkan di udara terbuka) karena jika pendinginannya terlalu cepat lapisan hitam akan melekat kuat. biarkan sampai lapisan hitamnya lepas dengan sendirinya (jangan di kerok). Setelah dingin biasanya lapisan hitam sebagian besar akan lepas. bersihkan dengan lembut menggunakan tangan atau tisu, jangan terlalu keras menggosoknya.

Siapkan lempeng tembaga yang lain (yang tidak dibakar) yang sudah disesuaikan ukurannya. siapkan pula wadah yang berisi larutan garam dengan air keran. Masukkan kedua lempeng tembaga secara terpisah dan tidak bersentuhan satu dengan yang lain ke dalam larutan garam, sebagian masuk ke dalam larutan dan sebagian lagi tidak terendam, jepit bagian yang tidak terendam dengan jepit buaya dan hubungkan dengan ammeter sensitif.

Jika ke dua tembaga disinari dengan sinar matahari, maka akan muncul arus listrik yang kecil. Panel Surya DIY ini masih mengeluarkan tegangan yang kecil, namun tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan lebih jauh.

Sel surya dari piringan cd tidak terpakai

Sel surya dari piringan CD sepertinya sedikit berbeda dari kebanyakan sistem kerja panel surya. Panel surya DIY dari piringan CD tidak mengubah energi matahari menjadi listrik, namun memantulkan cahaya matahari menjadi panas yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik.

Walaupun tidak sepenuhnya sama dengan prinsip kerja panel surya. Namun kumpulan piringan CD anda yang sudah tidak terpakai, dapat dimanfaatkan untuk mengumpulkan panas. Sehingga anda bisa memanfaatkan energi tersebut untuk kebutuhan memasak, misalnya.

Caranya cukup mudah, letakkan piringan-piringan CD tersebut dalam sebuah kota hitam. Dan arahkan sedemikian rupa piringan-piringan tersebut, sehingga sinar yang dipantulkan berada dalam satu titik yang sama. Lalu, anda tinggal memanfaatkan energi yang telah dikumpulkan tersebut secara langsung.

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2016/02/hqdefault.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2016/02/hqdefault-300x225.jpgJanalokaInventionaplikasi,janaloka.com,PLTS,produk,renewable energy,sel surya,solar system,startup,Surya,technologyTernyata Sel surya dapat dibuat dengan mudah dari material di sekitar kita. Berikut adalah 3 panel surya DIY, yang dapat anda buat sendiri: Sel surya dari transitor jengkol Transistor 2n3055 atau yang biasa disebut dengan transistor 'jengkol' merupakan alat semikonduktor yang dipakai sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau...The #1 Solar Energy Crowd