3 langkah cerdas merawat solar cell sebelum mudik lebaran – Buat kamu yang belum tau, sekarang ini masyarakat Indonesia sedang dihinggapi trend baru: Memasang solar cell di rumah. Solar cell adalah sebutan lain untuk sistem energi surya atau pembangkit listrik tenaga surya.

Pembangkit yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi untuk menghasilkan listrik ini, mulai banyak dimanfaatkan oleh rumah tangga guna mendukung listrik PLN. Baik sebagai cadangan daya ketika listrik PLN mati atau sebagai pengganti sumber utama energi listrik.

Jika kamu telah memasang solar cell di rumah dan hendak mudik lebaran, kamu harus perhatikan 3 langkah cerdas merawat solar cell sebelum mudik lebaran, yaitu:

  1. Pastikan kabel koneksi dan terminal yang terpasang dalam kondisi yang tepat.

Cek seluruh kabel koneksi yang terpasang. Pastikan tidak ada kabel yang terkelupas dan tempatkan pada lokasi yang aman. Jika dirasa perlu, bungkus kabel dengan cable ducting.

Untuk kabel yang terletak di luar ruangan, pastikan kabel aman dan tidak berada pada area yang rawan, seperti terbuka pada area lintasan orang dan motor atau berada di dekat lokasi bermain anak.

3 langkah cerdas merawat solar cell sebelum mudik lebaran

Untuk kabel yang terletak di dalam ruangan, pastikan kabel terpasang rapi di area rumah. Perhatikan kabel tidak bergelantungan atau berserakan di lantai.

Perhatikan juga terminal dan semua koneksi yang ada. Pastikan semua koneksi terpasang dengan tepat. Kencangkan semua koneksi yang kendur dan cek semua terminal telah terlindungi dengan baik.

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address
  1. Pastikan perangkat inverter, control charger dan baterai berada dalam posisi yang aman.

Cek peletakan perangkat inverter, control charger dan baterai. Pastikan seluruh perangkat pada lokasi yang tidak terjangkau anak-anak dan terlindungi dengan baik. Jika lokasi rumah anda rawan pada saat hujan, letakkan perangkat pada area yang lebih tinggi dan terlindungi dari air hujan.

Pastikan semua koneksi ke dan dari perangkat dalam kondisi yang kencang. Dan pastikan tidak terjadi faulty pada perangkat, saat pengecekan. Semua koneksi juga harus terlindungi dengan baik, terutama konektor baterai.

  1. Gunakan dengan bijak.

Pastikan kembali tujuan dan jenis sistem yang anda gunakan, dan sesuaikan dengan penggunaan. Jika anda memasang sistem grid tie, pastikan koneksi solar cell ke inverter dan inverter ke kWh meter EXIM berada dalam kondisi normal.

Jika anda memasang sistem hybrid atau off grid, pastikan bahwa penggunaan ke beban sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda menghubungkan sistem untuk penerangan otomatis, misalnya, pastikan semua rangkaian otomatisasinya bekerja dengan baik. Jika perlu, matikan dan cabut semua perangkat komponen terpasang.

Jika anda pengguna sistem micro grid, misalkan untuk penerangan jalan umum atau taman. Pastikan semua komponen terpasang dan timer,jika ada, bekerja dengan baik. Jika ada kendala, segera untuk di perbaiki.

Sebagai langkah pencegahan terakhir, dari 3 langkah cerdas merawat solar cell sebelum mudik lebaran, tidak ada salahnya anda berkonsultasi dengan tenaga ahli atau vendor penjual sistem anda untuk mengetahui lebih jauh langkan preventif apa saja yang perlu disiapkan sebelum meninggalkan solar cell saat mudik lebaran.

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/06/mudik-lebaran.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/06/mudik-lebaran-300x162.jpgJanalokaDesignaplikasi panel surya,energi surya,merawat sistem energi surya,mudik lebaran,Panel surya,panel surya murah,perawatan panel surya,perawatan plts,PLTS,sistem energi surya,solar cel,solar cell3 langkah cerdas merawat solar cell sebelum mudik lebaran - Buat kamu yang belum tau, sekarang ini masyarakat Indonesia sedang dihinggapi trend baru: Memasang solar cell di rumah. Solar cell adalah sebutan lain untuk sistem energi surya atau pembangkit listrik tenaga surya. Pembangkit yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi...The #1 Solar Energy Crowd