Application

3 Instalasi Sistem Panel Surya Diatas Air

Tidak semua negara di dunia memiliki lahan yang luas, seperti di Arab atau Indonesia, untuk menghasilkan listrik dari pembangkit bertenaga surya. Oleh karena itu, negara-negara di bawah ini melakukan instalasi sistem panel surya di atas air, sebagaimana dikutip dari greenpeace.

Panel surya diatas laut dari Jepang

Kagoshima mega solar island adalah pembangkit listrik tenaga surya terbesar di Jepang. Tidak hanya menghasilkan rata-rata daya yang cukup untuk memasok sekitar 22.000 rumah tangga di Jepang, tapi juga berfungsi sebagai tujuan wisata.

Menawarkan pemandangan menakjubkan dari gunung berapi Sakurajima, pusat pembelajaran pabrik sendiri menyoroti isu-isu lingkungan dan ilmu di balik pembangkit energi fotovoltaik. Perkembangan energi surya Jepang baru-baru ini benar-benar pesat. Pada 2013, Jepang sebagai negara yang menginstal PV surya terbanyak di Dunia (setelah Cina).

Instalasi sistem panel surya diatas air waduk dari Inggris

Pengembang proyek panel surya pertama di Inggris dibangun di Berkshire bulan lalu. Terdapat sekitar 800-panel pembangkit listrik energi surya yang terletak di waduk air untuk irigasi pertanian. Hal tersebut agar ladang pertanian yang berharga tidak tertutupi oleh susunan panel surya, sehingga akan memberikan keuntungan tambahan dalam hal biaya dibandingkan jika memasang panel surya di langsung di ladang.

Karena adanya perubahan iklim, di masa depan kita dapat memprediksikan terjadinya cuaca yang lebih ekstrim, seperti halnya banjir tahun lalu di Inggris. Inisiatif energi terbarukan seperti ini bisa menjadi solusi penting bagi Inggris untuk dapat mengatasi perubahan iklim.

Inovasi irigasi dan energi dari India

Proyek percontohan panel surya di India ini dapat memberikan jaminan bagi keamanan energi dan air. Sebuah saluran irigasi selebar 15-meter yang ditutupi dengan total 3.600 panel surya dapat menghasilkan listrik yang mampu mencapai desa-desa di India. Naungan yang tercipta dari panel tersebut juga dapat mencegah penguapan sekitar 9m liter air setiap tahun, dan sebaliknya, air tersebut berfungsi untuk memberikan efek pendinginan bagi panel dan juga berfungsi untuk  meningkatkan produksi listrik.

Instalasi Sistem Panel Surya Diatas Air

Ide instalasi sistem panel surya diatas air cuku inovatif, Indonesia juga merencanakan untuk membuat sistem pembangkit panel surya terapung di beberapa lokasi. Selain untuk melakukan efisiensi pembelian lahan yang cukup tinggi di area pemasangan, juga untuk memanfaatkan area perairan yang cukup luas di Indonesia. Jadi, siapkah anda untuk #goingsolar?

Apa komentar anda?

2 × three =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia